Gampang! Begini Cara Mengeriting Rambut Dengan Catok

Siapa yang tak kenal dengan alat catok rambut? Alat catok rambut adalah alat yang disambungkan dengan listrik yang gunanya untuk meluruskan rambut sehingga tampil lebih lurus dan halus. Bagi orang dengan rambut yang terlalu bervolume dan susah diatur, tentu alat catok ini akan sangat bermanfaat. Tapi selain meluruskan rambut dan menghaluskan, Anda juga bisa mengeriting rambut dengan catok. Cara mengeriting rambut dengan catok ini selain tak butuh modal juga gampang untuk dilakukan sendiri. Penasaran bagaimana caranya? 

mengkriting dgn catokan
Baca Juga : Tips Memilih Catok Rambut Yang Bagus dan Tidak Merusak Rambut

Beda dengan cara meluruskan rambut dengan catok, cara mengeriting rambut ini memerlukan sedikit ketelatenan. Cara meluruskan rambut dengan catok dilakukan dari pangkal ke ujung rambut secara perlahan sampai rambut benar-benar lurus dan halus. Sebaliknya, cara mengeriting rambut dilakukan dari bagian ujung ditarik ke bagian tengah rambut, setelah itu ditahan sebentar selama beberapa saat baru dilepaskan. Cara mengeriting ini dilakukan pada rambut bagian dalam terlebih dahulu, setelah rambut bagian dalam selesai baru dilanjutkan dengan rambut luar.

Selebihnya cara mengeriting rambut dengan catok sama saja. Pertama, sebelum mencatok Anda harus mencuci rambut Anda terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Gunakan shampoo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Mencuci bersih rambut terlebih dahulu sebelum dicatok penting karena debu dan kotoran serta minyak yang melekat pada rambut dapat semakin merusak rambut ketika bersentuhan dengan panasnya alat catok. Lagipula, kotoran akan membuat membuat kulit kepala gatal dan tidak nyaman bukan?

Jika rambut sudah dicuci bersih, Anda bisa gunakan serum rambut untuk perawatan rambut agar rambut tetap terjaga kesehatannya. Menggunakan alat catok terlalu sering dan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung banyak bahan kimia mungkin akan semakin cepat merusak keindahan alami rambut Anda. Setelah menggunakan serum rambut atau pelindung rambut, keringkan rambut dengan benar. Lebih baik biarkan kering secara alami ketimbang menggunakan hairdryer agar rambut tak gampang rusak.

Cara menggunakan alat catok yang benar juga harus diperhatikan. Panaskan alat catok sampai suhu yang diinginkan, jangan terlalu panas atau kurang panas. Terlalu panas akan membuat rambut cepat rusak, sementara jika kurang panas maka hasil catokan kurang bagus dan tidak awet. Saat mencatok, bagi rambut menjadi beberapa bagian, pisahkan rambut bagian dalam dan bagian luar. Bagian rambut luar bisa dijepit ke atas agar tidak mengganggu atau menyulitkan Anda saat sedang mencatok. 

Bagaimana menurut Anda? Cara mengeriting rambut dengan catok bisa dilakukan sendiri bukan? Saat baru melakukannya pertama kali mungkin Anda masih kaku, karena mengeriting rambut memang gampang-gampang susah. Namun saat Anda sudah terbiasa maka tidak sulit untuk melakukannya. Anda bisa juga minta bantuan kakak atau adik Anda di rumah untuk mengeriting rambut menggunakan catok. Terutama untuk mencatok rambut bagian belakang yang biasanya lebih susah dijangkau.