Cara Merawat Rambut Yang Sering Dicatok Agar Sehat Tak Gampang Rusak

Bagi Anda yang sering merubah bentuk asli rambut Anda, baik mengeriting, meluruskan, smoothing atau rebonding. Atau pun sering mewarnai rambut dan memperlakukan rambut hingga kontak dengan alat-alat atau bahan kimia maka rambut akan lebih gampang rusak. Terlalu sering mencatok rambut juga bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan rambut. Karena itu, Anda perlu memperhatikan cara merawat rambut yang sering dicatok sehingga kelembaban, kekuatan dan kesehatan rambut Anda bisa tetap dijaga. 

perawat rambut
Baca Juga : Vitamin Rambut

Efek samping rambut sering dicatok biasanya adalah rambut jadi kering, rapuh dan tipis. Rambut yang terlalu kering dan rapuh lama kelamaan akan rontok dan mudah patah. Jika semakin parah, Anda bahkan bisa mengalami kebotakan, ngeri bukan jika sampai rambut rusak parah seperti itu. Walaupun penampilan rambut sesaat sesuai dengan harapan setelah dicatok, namun Anda juga harus tetap menjaga kesehatan rambut dan merawatnya dengan baik sehingga bisa meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi. 

Cara merawat rambut yang sering dicatok pertama adalah menggunakan jenis shampoo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut. Gunakan produk yang benar-benar aman dan cocok untuk Anda, yaitu yang tak menyebabkan rambut kering, kusam dan berketombe sehingga gampang rontok. Anda bisa juga menggunakan produk perawatan rambut alami yang dibuat sendiri, misalnya menggunakan VCO untuk memijat kulit kepala dan melembutkan rambut. Menggunakan gel lidah buaya, atau daun-daunan lainnya.

Anda bisa membuat resep alami perawatan rambut yang sering dicatok menggunakan bahan-bahan seperti lidah buaya, minyak kelapa asli, minyak zaitun, lemon, daun mangkukan, daun waru dan lain sebagainya. Ada banyak cara perawatan rambut secara alami yang bisa dipraktekan. Jika tidak mau ribet, Anda bisa membeli cem-ceman khusus rambut berbagai merek yang sudah siap dipakai. Pilih yang terbaik, tak membuat alergi dan tentunya sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan rambut Anda. 

Secara rutin menutrisi rambut dan kulit kepala dengan serum rambut juga bisa dilakukan. Selain itu, cara menyisir dan mengeringkan rambut juga harus diperhatikan. Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah karena akan membuat rambut gampang rontok atau patah. Kemudian hindari menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut Anda. Lebih baik keringkan saja secara alami menggunakan handuk bersih sampai benar-benar kering. 

Jika Anda senang memakai asesoris gunakan asesoris yang nyaman dan tak merusak rambut. Hindari mengikat rambut dalam jangka panjang menggunakan karet rambut. Karena rambut yang sering dicatok mungkin memiliki akar yang kurang kuat dan gampang patah. Mengikat rambut akan memperparah kondisi rambut Anda. Nah, cara merawat rambut yang sering dicatok sebetulnya tidak sulit bukan? Akan lebih baik jika Anda mengurangi kebiasaan mencatok rambut. Beri jeda waktu bagi rambut Anda untuk memperbaiki diri agar pulih dan sehat kembali.