Cara Mencatok Rambut Yang Benar Agar Awet dan Tahan Lama Bentuknya

Tampil dengan rambut yang halus, lembut dan rapi bisa dilakukan salah satunya dengan mencatok rambut. Catok bisa digunakan untuk meluruskan atau menghaluskan tampilan rambut sehingga tampak lebih baik dan indah. Tapi, bagaimana cara mencatok rambut yang benar agar awet dan tahan lama bentuknya? Misalnya kita sedang terlibat acara seharian yang butuh tampilan sempurna. Ternyata ada rahasia dalam mencatok rambut supaya awet. Seperti apa caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

cuci rambut
Baca Juga : Tips Memilih Catok Rambut Yang Bagus dan Tidak Merusak Rambut

Pertama cara mencatok rambut yang benar agar tahan lama adalah pastikan bahwa sebelum mencatok rambut Anda telah mencuci rambut Anda dan menggunakan kondisioner. Rambut benar-benar harus dalam keadaan bersih sebelum dicatok. Jika Anda mencatok rambut yang belum dicuci bersih, selain hasil catokannya nanti kurang maksimal, rambut juga akan lebih cepat rusak. Hal ini karena debu dan minyak yang melekat saat dicatok akan menempel dan merusak rambut.

Selain itu, saat mencatok rambut juga harus sudah kering sempurna, karena rambut yang masih agak basah akan cepat rusak jika langsung dicatok. Anda bisa mengeringkan rambut secara manual atau untuk finishing agar kering sempurna Anda bisa gunakan hairdryer. Setelah itu, atur suhu catokan dengan baik, saat mencatok gunakan suhu yang pas, tak terlalu panas. Pastikan menggunakan produk catok rambut yang berkualitas agar hasilnya sempurna. 

Cara mencatok rambut yang benar agar awet setelah dicatok harus memperhatikan kondisi rambut. Setelah rambut kering dan disisir, bagilah rambut menjadi beberapa bagian untuk dicatok sampai halus sesuai keinginan. Lakukan proses pencatokan secara perlahan dari pangkal ke ujung. Jangan tersendat atau berhenti-henti karena hasilnya nanti akan kurang baik. Setelah itu, gunakan serum perawatan rambut untuk merawat rambut dan memastikan rambut tetap lembut dan indah setelah dicatok. Pilih serum rambut yang cocok untuk jenis rambut Anda.

Agar rambut yang dicatok lebih awet bentuknya, cobalah untuk sebisa mungkin menghindari angin. Rambut mudah berubah dan berantakan saat terkena angin. Kemudian hindari mengikat rambut setelah mencatok karena mengikat rambut juga akan cepat merubah bentuk dan kelembutan rambut hasil catokan. Anda bisa gunakan asesoris rambut yang lain untuk menambah penampilan. Jika terpaksa harus mengikat rambut gunakan ikat rambut yang lembut, jangan gunakan karet pengikat yang bisa merusak rambut Anda.

Nah, cara mencatok rambut yang benar agar awet tidak sulit bukan? Upayakan setelah dicatok hindari sering-sering menyisir atau menyentuh rambut. Menyisir terlalu sering akan membuat rambut cepat berminyak. Juga hindari sering-sering menyentuh rambut Anda dengan tangan, karena debu dan kotoran serta minyak dari tangan kemungkinan akan cepat membuat rambut kotor dan berubah bentuk. Pastikan untuk menjaga kesehatan rambut Anda menggunakan produk perawatan rambut yang berkualitas.