4 Cara Membuat Rambut Keriting Gantung Tanpa Catokan Paling Mudah

Rambut keriting gantung atau curly hair saat ini menjadi salah satu model rambut yang banyak diinginkan oleh para wanita. Salah satu cara membuat rambut menjadi keriting gantung atau curly adalah dengan menggunakan catokan rambut lurus ataupun catokan rambut khusus untuk keriting. Lalu, bagaimana jika Anda tidak mempunyai catok? Tenang saja, bagi Anda yang tidak mempunyai catok tapi ingin menata rambut menjadi curly bisa menggunakan cara lain. Cara membuat rambut keriting gantung tanpa catokan ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat sederhana.

keriting rambut tanpa catokan
Baca Juga : Panduan Cara Mencatok Rambut Curly yang Benar Agar Tahan Lama

Hasil keriting rambut tanpa menggunakan catokan ini terlihat lebih alami dan bisa tahan lama jika dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa cara membuat rambut keriting gantung tanpa catokan:
  • Menggunakan roll rambut

Salah satu cara membuat rambut menjadi keriting gantung tanpa menggunakan catokan adalah dengan menggunakan roll rambut. Cara membuat rambut keriting gantung dengan roll bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan melilitkan bagian bawah rambut sampai pada bagian tengah rambut. Lakukan pada semua bagian rambut dengan menggunakan roll sesuai kebutuhan. Tunggu selama kurang lebih satu jam lalu lepas roll rambut satu persatu. Setelah itu, rapikan dengan menggunakan jari dan semprot dengan hairspray agar tahan lama.
  • Mengepang rambut

Selain dengan menggunakan roll rambut, Anda juga bisa menata rambut Anda menjadi keriting gantung dengan cara mengepangnya. Untuk membuat rambut menjadi keriting yang menggantung, maka kepanglah dari bagian tengah rambut sampai bagian ujung rambut. Biarkan kepangan ini selama semalam kemudian lepas dan rapikan dengan menggunakan jari. Agar hasilnya tahan lama maka semprotlah dengan hairspray.
  • Menggunakan kain bekas

Cara mengeritingkan rambut bagian bawah atau menata rambut menjadi keriting gantung bisa dilakukan dengan menggunakan kain bekas. Anda bisa memanfaatkan kain bekas kaos yang sudah tidak terpakai ataupun kaos kaki yang sudah tidak terpakai. Untuk mengeriting rambut dengan kain bekas ini sangat mudah yaitu bagi dua rambut kemudian masing-masing lilitkan pada kain bekas. Tunggu selama 3 sampai empat jam kemudian lepas lilitan tersebut. Jika ingin hasil yang lebih bagus, maka bagilah rambut menjadi beberapa bagian kecil sebelum dililitkan pada kain.
  • Menggunakan cepol rambut

Cara paling mudah untuk menata rambut agar keriting gantung tanpa menggunakan catokan adalah dengan mencepolnya. Sebelum dicepol, rambut diputar terlebih dahulu sampai rapat kemudian cepol dengan menggunakan karet rambut. Biarkan selama satu hari lalu lepas cepolnya dan lihat hasilnya.
Anda bisa memilih salah satu cara membuat rambut keriting gantung tanpa catokan diatas untuk menata rambut agar terlihat curly ataupun bergelombang. Dengan tanpa menggunakan catokan maka rambut Anda bisa lebih sehat. Hal ini dikarenakan rambut tidak terkena panas yang bisa merusak lapisan luar rambut. Jika dilihat dari hasilnya memang akan lebih bagus menggunakan catokan, walaupun demikian mengeriting rambut tanpa catokan ini bisa membuat rambut curly Anda tampak alami.