Perawatan Rambut Sebelum Dicatok untuk Rambut Sehat dan Kuat

Tips melakukan perawatan rambut sebelum dicatok. Mencatok rambut adalah bagian dari rutinitas kebanyakan wanita saat ini. Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan untuk menata rambut hanya dengan menggosokkan plat iron panas ke rambut dan dalam sekejap membuat rambut mudah diatur tentunya menjadikan faktor penarik penggunaan alat catok di kalangan wanita. Tapi seringkali, aplikasi catok yang sembarangan justru akan merusak kesehatan rambut. 

minyak zaitun
Baca Juga : Tips Memilih Catok Rambut Yang Bagus dan Tidak Merusak Rambut

Untuk Anda yang ingin miliki rambut yang sehat dan kuat meskipun sering dicatok, berikut adalah langkah-langkah melakukan perawatan rambut sebelum catok yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan rambut sebelum dicatok diperlukan untuk menjaga kekuatan akar dan batang rambut agar tidak rontok dan mudah patah. Untuk itu, perawatan sebaiknya dimulai dari sebelum keramas. Caranya adalah dengan menggunakan perawatan alami rambut yaitu dengan lidah buaya dan minyak zaitun. 

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Carilah satu atau dua buah lidah buaya. Belah masing-masing potongan sehingga bagian gelnya bisa Anda dapatkan. Gosokkan gel tersebut ke bagian kulit kepala. Untuk sensasi yang lebih segar, sebelum digunakan, Anda juga dapat menyimpan lidah buaya di dalam lemari es. Berikutnya, gunakan minyak zaitun untuk membalur seluruh bagian batang rambut Anda. 

Minyak zaitun dikenal mampu menguatkan batang rambut dan menghindarinya dari cabang, rambut patah dan kekeringan akibat proses kimiawi. Diamkan lidah buaya dan minyak zaitun tadi selama 30 hingga 60 menit. Baru kemudian keramas. Untuk mengoptimalkan perawatan rambut sebelum dicatok Anda, gunakan pula shampoo yang didesain khusus untuk rambut yang sering melalui proses kimia. Shampoo jenis ini biasanya mengandung sejumlah keratine yang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya kembali berkilau. 

Jangan lupa gunakan conditioner agar rambut Anda semakin terjaga kelembabannya. Keringkan rambut seperti biasa, jika tidak terburu-buru hindarilah penggunaan hair dryer. Keringkan secara alami dan gunakan tonic ginseng untuk mencegah kulit kepala dari stress. Sebelum Anda mencatok rambut, jangan lupa gunakan vitamin perawatan rambut sebelum dicatok. Di pasaran, beredar sangat banyak jenis vitamin rambut yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis rambut Anda. 

Oleskan vitamin secara merata agar batang rambut Anda terlindungi dari panas selama proses pencatokan. Setelah dipastikan aman, catoklah rambut Anda perlahan-lahan mulai dari bagian rambut yang paling belakang. Jangan gosokkan plat iron bertubi-tubi dan dengan gerakan kasar karena akan merusak rambut.

Demikianlah beberapa tips perawatan rambut sebelum dicatok yang dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan menggunakan perawatan yang tepat, rambut indah Anda tidak akan menjadi mudah patah dan rusak akibat proses pemanasan alat catok. Untuk Anda yang mengalami masalah perubahan warna rambut akibat sering dicatok, bisa pula menggunakan terapi minyak kemiri untuk mengembalikan warna hitam dan kilau alami rambut.