7 Langkah Cara Mencatok Rambut Agar Lurus Tahan Lama Tanpa Ke Salon

Mencatok rambut merupakan salah satu cara cepat untuk membuat rambut menjadi lurus. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui cara mencatok yang benar sehingga hasilnya kurang maksimal dan tidak bisa bertahan lama. Cara mencatok rambut agar lurus tahan lama ini bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang benar. Nah, berikut ini langkah-langkah cara mencatok rambut agar lurus tahan lama:

persiapan catok rambut
Baca Juga : 5 Merk Vitamin Rambut Sebelum Dicatok yang Terbaik
  • Keramas terlebih dahulu

Langkah pertama agar rambut bisa bertahan lama setelah dicatok adalah melakukan keramas terlebih dahulu. Sebelum Anda mencatok rambut pastikan jika Anda sudah keramas terlebih dahulu dengan sampo yang biasa Anda gunakan. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner agar rambut tetap sehat. Dalam menggunakan kondisioner, pastikan tidak terkena kulit kepala.
  • Keringkan sampai rambut benar-benar kering

Cara mencatok rambut agar lurus tahan lama yang selanjutnya adalah mengeringkan rambut sampai benar-benar kering. Anda bisa menggunakan hairdryer untuk membantu mengeringkan rambut Anda. Pastikan jika rambut Anda sudah benar-benar kering sebelum dicatok.
  • Gunakan anti frizz

Sebelum rambut benar-benar kering maka gunakanlah anti frizz terlebih dahulu. Anti frizz digunakan agar rambut tetap bisa lurus tahan lama. Gunakan anti frizz rambut pada saat rambut masih dalam keadaan setengah kering kemudian keringkan kembali rambut sampai benar-benar kering.
  • Bagilah rambut

Setelah rambut benar-benar kering maka bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Cara membagi rambut ini adalah dengan menjepit rambut ke atas dan sisakan sedikit pada bagian bawah rambut dekat leher. Pembagian rambut ini dilakukan agar dalam proses catok bisa maksimal dan hasilnya tahan lama.
  • Mulai untuk mencatok

Setelah membagi rambut, maka langkah selanjutnya adalah mencatok rambut. Cara catok rambut sendiri dirumah dilakukan dengan mencatok rambut bagian bawah terlebih dahulu secara perlahan sampai bagian ujungnya. Tahan sebentar catokan dari pangkal rambut kemudian tarik perlahan sampai ujung rambut. Lakukan pada seluruh rambut secara perlahan.
  • Gunakan serum khusus rambut

Jika Anda sudah selesai mencatok semua rambut, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan serum khusus rambut. Serum ini bisa Anda beli di salon ataupun supermarket terdekat. Penggunaan serum ini tidak hanya bisa membuat rambut lurus tahan lama, tapi juga bisa menyehatkan rambut.
  • Hindari sering menyisir rambut

Agar rambut yang dicatok bisa tahan lama maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menghindari untuk menyisir rambut. Rambut yang terlalu sering disisir setelah dicatok akan membuat hasil catokan rusak sehingga rambut akan kembali seperti semula dengan cepat.
Cara mencatok rambut agar lurus tahan lama diatas harus dilakukan agar rambut lurus Anda bisa bertahan sampai satu hari. Dengan cara diatas, Anda tidak perlu berkali-kali mencatok rambut agar tetap bertahan lurus hingga seharian. Hal ini dikarenakan mencatok rambut terlalu sering bisa merusak rambut. Kerusakan rambut akibat terlalu sering dicatok adalah kerontokan dan rambut kering serta bercabang. Jadi pastikan jika Anda menggunakan cara mencatok rambut agar tahan lama seperti yang sudah dijelaskan diatas.