Mudah dan Sehat, Begini Cara Smoothing Rambut Sendiri Tanpa Catok

Ingin rambut halus dan lembut tapi tidak mau menggunakan catok? Benar, terlalu sering mencatok bisa merusak kesehatan rambut Anda. Rambut yang sering dicatok biasanya jadi gampang patah, kering dan rapuh. Padahal kesehatan mahkota tersebut sangat penting untuk dijaga dan sangat mempengaruhi penampilan. Lalu, bagaimana cara smoothing rambut sendiri tanpa catok? Gampang, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini agar rambut smooth, halus dan lembut seperti habis dicatok. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

makarizo Smoothing
Baca Juga : Vitamin Rambut

Pertama, cara menghaluskan rambut tanpa catok adalah memilih shampoo dan condisioner yang mengandung keratin. Shampoo dan condisioner yang mengandung keratin biasanya lebih bisa membuat rambut lembut dan halus dengan sempurna. Cucilah rambut dengan air biasa lalu gunakan shampoo untuk membersihkan rambut dari kotoran, debu dan minyak. Bilas, lalu cuci sekali lagi dengan shampoo. Setelah itu, gunakan kondisioner sambil dipijat lembut dan merata. Pastikan tak memijat terlalu keras karena akan merusak rambut Anda.

Langkah dan cara smoothing rambut sendiri tanpa catok selanjutnya adalah membilas rambut menggunakan air dingin. Anda bisa gunakan air biasa yang dicampur dengan air es batu untuk membilas rambut Anda. Air dingin ini akan membantu menutup pori-pori rambut Anda yang tadi terbuka sehingga rambut lebih terlindungi dan sehat. Jika sudah, silakan gunakan handuk bersih untuk mengeringkan rambut. Saat rambut cukup kering, Anda bisa memberikan beberapa tetes vitamin rambut atau serum untuk melindungi rambut Anda dari sinar matahari.

Cara menghaluskan rambut sendiri tanpa dicatok selanjutnya adalah lakukan blow dry pada rambut Anda yang telah kering. Pertama gunakan sisir yang bergigi lebar untuk menyir rambut Anda. Setelah rambut cukup rapi, ganti sisir rambut Anda dengan sisir bulat. Lakukan blow dry sambil memberikan pelembab rambut. Cara memblow dry bisa sebagian demi sebagian tergantung ketebalan rambut Anda. Sisir melingkar kemudian tarik lurus perlahan dari pangkal hingga ujung rambut sampai selesai.

Setelah itu, lakukan cool heat blow, masih dengan sisir bulat yang Anda gunakan tadi. Lakukan sampai rambut nampak tertata dan tak berubah bentuknya. Jika sudah akhiri dengan menggunakan shine serum. Caranya tuangkan sedikit serum tersebut pada telapak tangan kemudian usapkan pada rambut Anda secara perlahan dan merata. Setelah itu, sisir kembali rambut Anda dengan jenis sisir yang bergigi rapat. Anda bisa menggunakan hairspray bila perlu, namun tidak menggunakan juga tak masalah.

Nah, cara smoothing rambut sendiri tanpa catok mudah bukan? Kini Anda sudah mendapatkan rambut lembut, halus dan lurus tanpa menggunakan catok atau pergi ke salon. Cukup menggunakan beberapa jenis sisir dengan cara yang tepat serta didukung dengan produk perawatan rambut yang membuat rambut tampak lebih lembut dan bercahaya. Anda bisa tampil lebih percaya diri dengan rambut yang lebih halus dan sehat.