Cara Merawat Rambut Catok Agar Tetap Lurus dan Tahan Lama

Rambut adalah mahkota wanita. Tampilan rambut yang baik akan sangat mempengaruhi rasa percaya diri, terutama bagi wanita. Karena itu, untuk even-even tertentu biasanya wanita rela menghabiskan waktu berjam-jam di salon untuk mendapatkan rambut yang lebih halus dan lurus atau sesuai model yang diinginkan. Cara yang lain adalah menggunakan catok sehingga tak perlu mengeluarkan biaya. Tapi rambut hasil catokan biasanya tak tahan lama. Karena itu, Anda sebaiknya tahu bagaimana cara merawat rambut catok agar tetap lurus

anti frizz
Baca Juga : Vitamin Rambut

Perawatan rambut catok agar awet dan tahan lama sebetulnya tidak sulit. Apalagi jika Anda sudah terbiasa merawat dan memperlakukan rambut Anda dengan baik. Karena kapanpun sebetulnya kita harus merawat dan menjaga kesehatan rambut agar tak gampang pecah, rusak atau patah. Pertama dari cara keramas. Rambut yang baru dicatok sebaiknya dikeramas menggunakan air dingin agar tak cepat kembali ke bentuk semula. Air hangat akan membuat rambut gampang berminyak dan mengembang sehingga gampang berubah.

Cara merawat rambut catok agar tetap lurus juga bisa dibantu dengan menyemprotkan anti-frizz. Anti-frizz ini digunakan saat rambut belum dicatok dan dalam keadaan setengah kering. Anti-frizz selain berfungsi merawat dan melindungi rambut juga membantu rambut tak gampang kusut atau keriting kembali setelah dicatok. Anda bisa mendapatkan anti-frizz di salon atau toko-toko yang menjual produk perawatan rambut. Selain menggunakan anti-frizz, siapkan juga serum rambut yang bisa Anda pakai setelah mencatok.

Cara merawat rambut tetap lurus setelah dicatok juga dilakukan dengan menghindari penggunaan hairdryer. Hairdryer membuat rambut cepat kering namun mengembang dan bervolume. Jadi jika Anda ingin mengeringkan rambut cukup gunakan handuk kering yang bersih atau kipas angin sampai rambut benar-benar kering. Keringkan rambut dengan lembut, jangan digosok-gosok terlalu keras karena akan membuat rambut cepat rusak. Cara menyisir rambut juga harus benar. Jangan sisir dalam keadaan basah karena akan membuat rambut rontok.

Selanjutnya jika ingin hasil catokan lebih awet, Anda juga harus menghindari rambut terpapar sinar matahari langsung. Karena sinar matahari akan membuat rambut cepat berbau, berdebu, berminyak dan lepek. Jika Anda melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor lindungi rambut Anda dengan jaket berpenutup kepala sebelum menggunakan helm. Hal ini tidak hanya untuk menghindari sinar matahari langsung, tetapi juga melindungi rambut dari debu dan angin. 

Cara merawat rambut catok agar tetap lurus tidak sulit bukan? Cukup dengan memperhatikan cara keramas dan mengeringkan rambut yang benar. Kemudian menjaga kesehatan rambut dengan nutrisi untuk rambut. Selain itu juga melindungi rambut dari paparan sinar matahari, debu dan hembusan angin kencang saat naik kendaraan bermotor. Usahakan juga untuk tak mengikat rambut terlalu lama atau sering karena akan cepat merubah rambut ke bentuk semula.