Cara Mencatok Rambut Tanpa Obat Yang Membuat Rusak Rambut

Mencatok rambut merupakan salah satu cara tercepat untuk membuat rambut menjadi lurus ataupun curly. Cara ini sering dilakukan oleh wanita untuk menata rambutnya agar tampil lebih cantik. Hal ini dikarenakan dengan mencatok rambut hasilnya bisa cepat. Namun kebanyakan dari wanita tidak menggunakan obat dalam mencatok rambut. Cara mencatok rambut tanpa obat ini memang lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan obat. Walaupun lebih cepat tapi hasilnya tidak akan bertahan lama. Selain itu, ada banyak akibat buruk jika mencatok rambut tanpa menggunakan obat.

mencatok rambut
Baca Juga : 5 Merk Vitamin Rambut Sebelum Dicatok yang Terbaik

Risiko Mencatok Rambut Tanpa Obat

Cara catok rambut tanpa obat sering kali dilakukan oleh para wanita yang tergesa-gesa ingin meluruskan rambutnya. Namun tahukah Anda, ada banyak risiko yang menghantui rambut jika dicatok tanpa menggunakan rambut. Berikut ini beberapa risiko buruk sering menggunakan catok rambut tanpa obat:
  • Rambut menjadi terbakar

Risiko yang akan Anda dapatkan jika tidak menggunakan obat pada saat mencatok rambut adalah rambut akan terbakar. Secara harfiah, terbakarnya rambut ini tidak seperti terbakarnya benda pada umumnya yang mengeluarkan api. Hal ini dikarenakan rambut yang terbakar tidak mengeluarkan api melainkan akan berubah warna menjadi orange. Jika rambut Anda sudah terbakar, maka akan sulit untuk memperbaikinya.
  • Rambut menjadi rontok

Malasnya Anda menggunakan krim untuk mencatok rambut bisa mengakibatkan rambut menjadi lebih mudah rontok. Hal ini dikarenakan tanpa menggunakan krim ataupun obat catok maka rambut tidak terlindungi dan akibatnya rambut akan mudah rontok. Kerontokan rambut akibat mencatok ini biasanya tidak dari pangkal rambut melainkan dari tengah rambut.
  • Rambut menjadi bercabang

Selain rambut menjadi terbakar dan rontok, cara mencatok rambut tanpa obat ataupun vitamin bisa mengakibatkan rambut menjadi bercabang. Hal ini dikarenakan panas dari catokan rambut langsung terkena rambut tanpa adanya penghalang. Rambut akan semakin bercabang jika Anda menggunakan catokan dengan panas yang terlalu tinggi.
  • Rambut menjadi kering

Risiko mencatok rambut tanpa menggunakan obat yang terakhir adalah rambut akan menjadi kering. Hal ini dikarenakan rambut akan kehilangan lapisan pelindungnya akibat pemanasan dengan menggunakan catok. Akibatnya rambut akan menjadi kering dan mudah patah. Kekeringan pada rambut bisa membuat rambut menjadi rusak dan sulit untuk diatur. Oleh karena itu, hindari mencatok rambut tanpa menggunakan obat ataupun vitamin.
Walaupun cara mencatok rambut tanpa obat lebih cepat, tapi sangat disarankan untuk menggunakan obat ketika akan mencatok rambut. Obat untuk catok rambut yang paling bagus adalah serum khusus untuk catok rambut. Namun jika Anda tidak mempunyai serum ini, maka Anda bisa menggunakan serum rambut biasa ataupun vitamin rambut yang biasa Anda gunakan. Gunakan serum atau vitamin rambut ini sebelum mencatok dan setelah mencatok rambut. Penggunaan obat atau vitamin bisa melindungi rambut pada saat dicatok.