5 Tips Cara Mencatok Rambut Yang Benar Dan Tidak Merusak Rambut

Cara mencatok rambut yang benar sering kali dilupakan oleh para wanita. Kebanyakan para wanita hanya asal mencatok rambutnya saja agar terlihat lebih lurus. Padahal dengan cara mencatok yang salah maka bisa mengakibatkan rambut menjadi rusak. Oleh karena itu, pada saat mencatok rambut pastikan jika Anda melakukannya dengan benar. Nah, bagi Anda yang sering mencatok rambut disini akan diberikan beberapa tips cara mencatok rambut yang benar agar rambut tidak rusak.

catokan nano titanium
Catokan Rambut Nano Titanium dari Babyliss. Baca Juga : Cara Curly Rambut

Ada 5 tips cara mencatok rambut yang benar, kelimanya yaitu:

  • Keramas terlebih dahulu

Tips pertama cara mencatok yang benar adalah keramas terlebih dahulu. Sebelum Anda mencatok rambut sebaiknya Anda melakukan keramas terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran pada rambut dan juga mengurangi minyak pada rambut. Selain itu, gunakan kondisioner pada rambut agar rambut tidak terlalu berminyak. Perhatikan penggunaan kondisioner yang benar yaitu jangan sampai kondisioner terkena kulit kepala. Hal ini dikarenakan kondisioner yang terkena kulit kepala akan membuat rambut menjadi semakin lepek.
  • Gunakan catokan berbahan titanium dan mempunyai pengatur suhu

Cara mencatok yang benar tidak hanya dengan keramas saja tapi juga dari pemilihan catokannya. Catokan yang disarankan adalah catokan yang berbahan dasar titanium. Hal ini dikarenakan catokan dengan bahan titanium tidak akan merusak rambut. Selain itu, pastikan jika catkan yang digunakan mempunyai pengaturan suhu. Dengan adanya pengaturan suhu pada catokan, maka Anda bisa menyesuaikan suhu catokan dengan keadaan dari rambut Anda.
  • Catok pada saat rambut benar-benar kering

Tips selanjutnya untuk mencatok rambut yang benar adalah catoklah rambut pada saat rambut dalam keadaan benar-benar kering. Anda bisa mengeringkan rambut terlebih dahulu dengan menggunakan hairdryer. Hindari mencatok rambut yang masih basah, hal ini dikarenakan rambut yang masih basah jika dicatok maka akan merusak lapisan rambut.
  • Gunakan vitamin atau krim catok sebelum mencatok rambut

Untuk Anda yang ingin mencatok rambut dengan benar maka pastikan jika Anda menggunakan krim catok ataupun vitamin rambut sebelum dan sesudah mencatok. Vitamin atau krim ini bisa melindungi rambut Anda dari panas catokan sehingga rambut tidak akan mudah rusak jika terus menerus dicatok.
  • Catok rambut sedikit demi sedikit

Tips cara mencatok yang benar adalah catoklah rambut sedikit demi sedikit. Mencatok rambut sedikit demi sedikit ini bisa membuat hasil catokan lebih bagus dan lebih lurus. Selain itu, dengan mencatok secara bertahap juga bisa memudahkan Anda dalam mencatok rambut. Nah, agar mudah dalam mencatok rambut sebaiknya gunakan jepit rambut untuk menjepit rambut yang belum dicatok.
Cara mencatok rambut yang benar diatas bisa Anda terapkan untuk rambut panjang ataupun rambut pendek. Mencatok rambut panjang ataupun pendek memang harus diperhatikan dengan baik, hal ini dikarenakan kerusakan rambut akibat mencatok cukup sulit untuk diperbaiki. Dengan cara mencatok rambut pendek ataupun panjang yang benar maka Anda tetap bisa tampil cantik dengan rambut lurus tanpa harus merusak rambut.