Tips Memilih Serum Rambut Yang Bagus Untuk Catok

Salah satu manfaat serum rambut adalah sebagai pelindung dari kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh berbagai alat yang digunakan untuk hair styling. Panas yang ditimbulkan oleh alat hair styling seperti catok lurus, catok keriting dan hair dryer dapat membuat rambut menjadi rapuh dan kering. Serum akan melapisi helai-helai rambut agar terlindung dari panas yang langsung menerpa. Terdapat banyak jenis dan merk serum rambut. Terkadang untuk memilih serum rambut yang bagus untuk catok sangat membingungkan. Karenanya tips memilih serum rambut berikut ini layak untuk Anda cermati.
serum loreal
Loreal Catok Rambut yg Bagus

Perhatikan jenis rambut Anda

Jenis rambut bermacam-macam. Ada jenis rambut berminyak yang terlihat rata menempel di kepala, lemas dan juga lepek. Ada juga rambut kering yang mudah kusut, rapuh, serta sulit disisir. Rambut ini cenderung pecah-pecah dan terlihat tidak sehat. Rambut kombinasi adalah jenis rambut yang berminyak pada bagian dekat kulit kepala, tetapi kering pada bagian ujung. Sedangkan rambut normal tidak berminyak, juga tidak kering. Serum rambut yang bagus untuk catok akan berbeda untuk jenis rambut yang berbeda pula.

Kenali jenis-jenis serum rambut

Setelah mengetahui jenis rambut Anda, maka mengenali jenis-jenis serum rambut adalah tips berikutnya. Pada dasarnya, serum rambut terbagi menjadi dua, serum rambut organik dan serum rambut berbahan dasar silikon. Serum rambut organik terdiri dari bahan-bahan yang alami, sedangkan serum rambut berbahan dasar silikon mengandung bahan-bahan kimia. Komposisi dan jumlah bahan yang terdapat pada masing-masing serum rambut yang bagus untuk catok juga bervariasi. Gunakanlah serum yang bahannya tidak menyebabkan alergi ataupun membuat kondisi rambut semakin buruk.

Perhatikan tingkat kerusakan rambut

Untuk memilih serum rambut yang bagus, maka tingkat kerusakan rambut akibat catok seharusnya menjadi pertimbangan. Jika kerusakan tersebut berupa rambut yang patah dan bercabang, maka pilihlah serum yang kaya akan Vitamin E. Jika kelembaban rambut yang jadi masalah, silikon dan minyak organik pada serum harus memiliki konsentrasi yang cukup tinggi. Minyak dari berbagai bahan organik juga dapat membuat rambut kusam kembali berkilau.

Ketahui cara pemakaian serum

Serum rambut yang bagus untuk catok ada yang dipakai dengan cara disemprotkan, ada juga yang dioleskan pada rambut atau leave on. Cara pemakaian ini juga menjadi pertimbangan dalam memilih serum rambut. Serum yang disemprot mungkin akan lebih praktis dalam pemakaiannya, tetapi tingkat efisiensinya lebih rendah. Cara pemakaian akan mempengaruhi tingkat pelapisan serum terhadap setiap helai rambut yang dilindungi.
Dengan mengetahui keempat tips di atas, kita dapat memilih serum rambut yang bagus untuk catok dengan lebih tepat. Serum rambut yang bagus untuk rambut kering tentu akan berbeda dengan serum untuk rambut berminyak. Selamat mencoba.